Senin, 08 Agustus 2011

Campak Hanya Sekali Seumur Hidup?


Mungkin kebanyakan masyarakat awam yang belum pernah atau hanya mengalami campak satu kali saja dalam masa hidupnya umumnya akan mengiyakan jika ditanya apakah campak hanya terkena sekali seumur hidup. Namun hal tersebut tidak lah sepenuhnya benar.

Sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu campak. Ternyata campak itu ada dua jenis, yaitu campak biasa (atau yang hanya biasa disebut campak) dan kedua adalah campak Jerman (dahulu disebut campak tiga hari). Selanjutnya penulis akan menyebutkan campak biasa sebagai campak saja. Campak dan campak Jerman sama-sama disebabkan infeksi virus, namun tentu saja virus yang berbeda dimana campak disebabkan oleh virus rubeolla sedangkan campak Jerman oleh virus rubella.

Campak (measles)
Gejala mulai muncul setelah satu setengah hingga dua minggu seseorang kontak dengan penderita campak. Umumnya penderita tidak menyadari hal tersebut dikarenakan virus rubeola merupakan salah satu dari virus yang paling menular. Penularannya sendiri dapat terjadi melalui droplet (atau percikan liur yang keluar dari batuk atau bersin). Keluhan awal umumnya demam, lemas, batuk, mata merah, hidung meler dan hilang nafsu makan. Kemudian dua hingga empat hari kemudian diikuti dengan timbulnya bercak merah pada tubuh yang biasanya dimulai dari muka, badan, kemudian tangan dan kaki. Bercak merah ini tidak selalu gatal dan kadang hanya beberapa tempat saja yang gatal.
Umumnya campak sembuh tanpa meninggalkan komplikasi, namun begitu pada lansia dan anak usia kurang dari dua tahun dapat sangat berbahaya hingga menyebabkan kematian.

Campak Jerman
Campak Jerman umumnya memberikan keluhan yang lebih ringan dibandingkan campak. Keluhan awal dapat berupa badan hangat, lemah, sakit kepala dan mata merah yang kemudian juga diikuti dengan timbulnya bercak merah pada tubuh. Terkadang muncul pembesaran kelenjar (getah bening ) pada tengkuk atau belakang telinga yang bisa bertahan hingga beberapa minggu bahkan setelah infeksi campak Jermannya telah sembuh. Salah satu gejala yang cukup mengganggu dari campak Jerman yaitu nyeri sendi (biasanya pergelangan tangan dan kaki dan lutut) yang bisa berlangsung hingga berminggu-minggu walau telah bebas dari infeksi campak Jerman, dan nyeri sendi ini biasanya lebih sering terjadi pada kaum wanita. Komplikasi yang paling ditakuti dari campak Jerman yakni pada wanita hamil dapat menyebabkan cacat pada bayi yang lahir seperti katarak, kurang pendengaran, kelainan jantung, gangguan pembelajaran dan lain lain.

Penanganan
Bila ada pembaca yang terkena gejala-gejala di atas sebaiknya konsultasikan dengan dokter terdekat untuk memperoleh penanganan yang tepat. Dokter biasanya memberikan obat sesuai dengan keluhan yang dialami penderita. Misalkan penurun panas untuk demamnya, obat kembung untuk rasa mual atau rasa tidak nyaman di ulu hati, obat nyeri untuk mengurangi rasa nyeri pada tulang-tulang yang linu atau nyeri kepala, dan vitamin untuk membantu pemulihan kondisi tubuh penderita. Sedangkan antibiotik dipertimbangkan sendiri oleh dokternya masing-masing untuk diberikan misalnya bila ditemukan radang tenggorok atau komplikasi nyeri telinga akibat infeksi ke telinga.

Nah jadi sudah tau kan campak itu bisa terjadi lebih dari satu kali karena ada dua jenis campak yang berbeda. Memang bila penderita yang terkena campak bisa suatu saat kelak terkena campak jerman ataupun sebaliknya. Hal tersebut seperti yang telah dijelaskan di atas dikarenakan campak dan campak Jerman disebabkan oleh dua jenis virus yang berbeda. Orang yang terkena virus campak hanya mendapatkan kekebalan seumur hidup atas campak saja, bukan kekebalan atas campak Jerman, dan sebaliknya.

Pengalaman penulis:
Penulis kurang lebih tiga minggu yang lalu juga terkena campak Jerman. Gejala awal yang penulis rasakan lemas, badan agak hangat (meriang), lemas, peruh rasanya begah (kembung/ mual). Keesokan harinya kemudian tiba-tiba buka terlihat memerah dan tebal dan punggung terasa gatal, yang ternyata setelah bercermin punggung terlihat muncul bercak kemerahan. Badan terasa pegal-pegal, namun dua hari kemudian saat bangun tidur badan terasa kaku dan sendi-sendi seperti mau lepas, namun esok harinya penulis keluhan nyeri sendi dan kaku sendi sudah mulai hilang. Kalo di ingat-ingat kira-kira penulis membutuhkan waktu seminggu untuk mendapatkan kondisi badan kembali fit untuk beraktifitas seperti sedia kala.

Sumber:

1 komentar:

  1. What to expect on the Sega Genesis casino site
    The Sega Genesis has more than 2,000 games luckyclub and was the first to go live in the U.S. in the 1990s. The most famous of these is the Mega Drive.

    BalasHapus