Kamis, 11 Agustus 2011

EFEK SAMPING OBAT HERBAL YANG PERLU DIKETAHUI

.
Siapa yang tidak mengenal obat tradisional, obat ini populer sebagai alternatif berbagai macam pengobatan terutama penyakit kronis yang memerlukan konsumsi terapi obat dalam jangka panjang hingga seumur hidup. Saya juga kadang kala memilih untuk mengkonsumsi obat tradisional dibandingkan buatan pabrik obat walau harus menahan rasanya yang biasanya tidak enak dimulut.

Nah siapa sangka ternyata obat-obat tradisional yang sering kali diklaim tanpa efek samping karena terbuat dari herbal/ tanaman yang alami juga ternyata beberapa menyimpang efek samping yang negatif.

Para peneliti menyebutkan bahwa obat herbal juga dapat menyebabkan dampak yang serius. Mereka mensurvei lima macam obat herbal yang paling populer, yaitu tanaman St John, echinacea, bawang putih, ginkgo dan ginseng Asia. Mereka menemukan bahwa secara umum kandungan obat tradisional dengan lima herbal tersebut dijual secara umum tanpa label peringatan keamanan penggunaan.

.


Tumbuhan St John



Efek samping dari tanaman St John adalah mengurangi efektivitas dari pil kontrasepsi dan obat anti pengentalan darah seperti misalnya warfarin. Juga adapat meningkatkan efek obat antidepresi dan meningkatkan tekanan darah.




Echinacea


Hati-hati pada penggunaan orang yang rentan terhadap alergi atau pengidap asma. Efek samping dapat menimbulkan serangan asma, nyeri perut dan resiko syok berat.







Ginseng Asia

Dapat menurunkan kadar gula darah, hati- hati penggunaan bersama dengan obat diabetes.









Ginkgo


Dapat menghambat pembekuan darah, jangan diminum sebelum melakukan prosedur pembedahan dan pencabutan gigi.





Bawang Putih

Dapat menyebabkan alergi dan pengenceran darah, jangan digunakan bila akan menjalankan prosedur pembedahan.









Dari kelima bahan herbal di atas malah saya baru tahu kalau ada tanaman st. John yang bisa di pakai untuk depresi. Hmmm, kira-kira efek euforia kah yang ditimbulkan, mirip pil pil ekstasi kah?

Nah semoga info info ini berguna buat kawan-kawan yang suka mengkomsumsi obat-obat herbal yang mengandung bahan-bahan di atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar